Download Logo/Lambang GP Ansor format jpg, png, dan cdr

Kata Kunci: Logo GP Ansor, Lambang Ansor, Banom NU

Assalamu Alaikum Sahabat. 


Senang sekali rasanya bisa membantu sahabat-sahabat sekalian yang membutuhkan file Logo GP Ansor dalam format jpg, png, serta cdr (coreldraw).

Sebelumnya, saya ingin memberikan sedikit uraian tentang Gerakan Pemuda Ansor.  

Sejarah GP Ansor

Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) adalah salah satu Badan Otonom (BANOM) Nahdlatul Ulama. Didirikan pada 10 Muharram 1353 Hijriah atau bertepatan dengan tanggal 24 April 1934. GP Ansor didirikan di Banyuwani, Jawa Timur. GerakanPemuda Ansor adalah kelanjutan dari Ansoru Nahdlatul Oelama (ANO). Dikutip dari ansor.id, Gerakan Pemuda (GP) Ansor adalah organisasi kepemudaan, kemasyarakatan, kebangsaan, dan keagamaan yang berwatak kerakyatan. 

Sejarah panjang GP Ansor dikenal memiliki kontribusi terhadap perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan, hingga saat ini. GP Ansor, dengan kemampuan dan kekuatannya menempati posisi dan peran strategis dalam perkembangan masyarakat Indonesia hingga saat ini. 

Peran GP Ansor

Di tengah benturan karena perbedaan pandangan kelompok baik dalam maupun luar Islam di Indonesia, GP Ansor mampu mempertahankan eksistensi dirinya. Kaderasisasi yang terus-menerus, serta proses ideologisasi yang massif, membawa GP Ansor menjadi salah satu organisasi pemuda terbesar yang disegani di Indonesia. Kader-kader Ansor, mampu mendorong percepatan mobilitas sosial, politik dan kebudayaan, serta mampu menunjukkan kualitas peran maupun kualitas keanggotaannya.

Menurut berbagai sumber, Gerakan Pemuda Ansor yang saat ini diketuai oleh H. Yaqut Cholil Qoumas (Masa Khidmat 2015-2020) disebut memiliki setidaknya 4 setengah juta anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. Berdasarkan Peraturan Dasar, Peraturan Rumah Tangga, dan Peraturan Organisasi Gerakan Pemuda Ansor hasil Kongres XV GP Ansor Tahun 2015 di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta, hierarki kepengurusan Gerakan Pemuda Ansor terdiri dari:

Hierarki Kepengurusan

  1. Pimpinan Pusat, selanjutnya disebut PP, adalah pengurus Gerakan Pemuda Ansor tingkat nasional berkedudukan di Ibukota Negara Republik Indonesia.
  2. Pimpinan Wilayah, selanjutnya disebut PW, adalah pengurus Gerakan Pemuda Ansor tingkat Provinsi berkedudukan di Ibukota Provinsi. 
  3. Pimpinan Cabang, selanjutnya disebut PC, adalah pengurus Gerakan Pemuda Ansor tingkat kabupaten/kota yang berkedudukan di ibukota Kabupaten/Kota.
  4. Pimpinan Anak Cabang, selanjutnya disebut PAC, adalah pengurus Gerakan Pemuda Ansor tingkat Kecamatan
  5. Pimpinan Ranting, selanjutnya disebut PR, adalah pengurus Gerakan Pemuda Ansor tingkat Desa/Kelurahan.
GP Ansor senantiasai menggelorakan semangat untuk tujuan menjaga Indonesia dari gerakan yang membawa pada disintegrasi bangsa. Merawat keberagaman, menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta menjaga agar senantiasa menghindari terjadinya perpecahan antar umat beragama di masyarakat, adalah tujuan yang selalu ada di pundak kader-kader Gerakan Pemuda Ansor di seluruh Indonesia. Karena semangat itulah organisasi ini tetap eksis dalam setiap episode sejarah perjalan bangsa dan tetap menempati posisi dan peran yang stategis dalam setiap pergantian kepemimpinan nasional.

Arti Lambang

Ada baiknya sebelum download logo GP Ansor dalam format jpg, png, corel pada link di bawah, ada baiknya saya menyampaikan arti lambang GP Ansor ini sebagaimana termuat dalam Pasal 2 Peraturan Rumah Tangga GP Ansor hasil Kongres XV GP Ansor Tahun 2015.




  1. Segitiga garis alas berarti tauhid, garis sisi kanan berarti fiqh dan garis sisi kiri berarti tasawwuf.
  2. Segitiga  sama  sisi   keseimbangan  pelaksanaan ajaran Islam Ahlussunnah wal Jama’ah yang meliputi Iman, Islam dan Ihsan atau ilmu tauhid, ilmu fiqh dan ilmu tasawwuf.
  3. Garis   tebal   sebelah   luar   dan   tipis   sebelah dalam pada sisi segitiga berarti keserasian dan keharmonisan hubungan antara pemimpin (garis tebal) dan yang dipimpin (garis tipis).
  4. Warna hijau berarti kedamaian, kebenaran dan kesejahteraan.
  5. Bulan sabit berarti kepemudaan.
  6. Sembilan bintang : 1) Satu yang besar berarti Sunnah Rasulullah, 2) Empat bintang di sebelah kanan berarti sahabat Nabi (Khulafa’urrasyidin), 3) Empat bintang di sebelah kiri berarti madzhab yang  empat :  Hanafi,  Maliki,  Syafi’i  dan Hambali.
  7. Tiga  sinar  ke  bawah  berarti  pancaran  cahaya dasar-dasar agama yaitu : Iman, Islam dan Ihsan yang terhunjam dalam jiwa dan hati.
  8. Lima sinar ke atas berarti manifestasi pelaksanaan terhadap rukun Islam yang lima, khususnya shalat lima waktu.
  9. Jumlah sinar yang delapan berarti juga pancaran semangat juang  dari  delapan  ashabul  kahfi dalam menegakkan hak dan keadilan menentang kebathilan dan kedzaliman serta pengembangan agama Allah ke delapan penjuru mata angin.
  10. Tulisan ANSOR (huruf besar ditulis tebal) berarti ketegasan sikap dan pendirian.

Demikianlah sedikit pengantar dan makna lambang/logo Gerakan Pemuda Ansor.
Selanjutnya untuk mendownload logo gerakan pemuda ansor, silahkan klik tautan di bawah ini :

Logo/Lambang GP Ansor format jpg

Logo/Lambang GP Ansor format png

Logo/Lambang GP Ansor format cdr

Referensi:
1. https://www.ansor.id/
2. Peraturan Dasar, Peraturan Rumah Tangga, dan Peraturan Organisasi Gerakan Pemuda Ansor hasil Kongres XV GP Ansor Tahun 2015

Komentar